Sunday 1 June 2014

Tahukah Anda Bag. 3


Tomat
Dulu, orang Amerika sangat takut terhadap buah tomat, dan menganggapnya beracun serta tidak bisa dimakan, karena tomat masih sekeluarga dengan kecubung.

Namun tentu saja itu tidak berlangsung terus. Keadaan berubah setelah seorang dokter asal Virginia bernama Dr. Siccary di tahun 1733 berani ‘menantang maut’ dengan memakan beberapa buah tomat di depan orang banyak. Masyarakat Amerika kemudian menjadi percaya bahwa tomat tidak beracun dan bahkan memiliki rasa nikmat. Di masa kini Amerika Serikat adalah produsen dan konsumen tomat terbesar di dunia.

Napoleon Bonaparte
Napoleon Bonaparte, saat berperang di Timur Tengah tahun 1799 bermaksud akan melepaskan 1200 tentara Turki yang berhasil ditawan di Perancis, ketika Prancis berhasil merebut Jaffa. Saat itu Napoleon sedang terserang influenza.
Saat menginfeksi pasukan, Napoleon terserang batuk berat, ia mengatakan “Ma sacre toux” (“Batuk sialan”). Perwira pendamping Napoleon merasa sang jenderal mengatakan “Massacrez Tous” (“Bunuh semua”).
Akibatnya, seluruh 1200 orang tawanan Turki itu dibunuh. Hanya karena batuk sang jenderal…

Piala Oscar
Oscar, patung emas berbentuk ksatria yang sedang berdiri di atas gulungan film, adalah piala yang dimenangkan oleh para bintang film dalam upacara tahunan Academy Awards. Tapi mengapa patung itu dinamakan Oscar ? Piala tersebut sebetulnya tidak mempunyai nama sampai tahun 1931.
Pada tahun 1931, Oscar Pierce, seorang petani Texas yang kaya, tanpa disangka-sangka “tampil”. Keponakan perempuannya adalah seorang penjaga perpustakaan pada Academy of Motion Picture Arts and Sciences. Suatu hari ia sambul lalu mengatakan bahwa patung ksatria itu mirip dengan pamannya, Oscar.
Seorang wartawan surat kabar kebetulan mendengar komentarnya dan menerbitkan sebuah cerita, dengan menyebutkan bahwa “karyawan-karyawan member julukan patung terkenal itu dengan nama “Oscar”. Sejak itu nama Oscar menjadi resmi dan digunakan terus.
Pernah sekali terjadi, Oscar tidak dibuat dari logam, yaitu pada waktu Perang Dunia II. Meskipun pada waktu itu Amerika kekurangan logam, piala Oscar tetap diberikan, tapi terbuat dari kayu.

Sumber:
E-Book Movitasi Net oleh Ir. Andi Muzaki, SH,MT.

No comments:

Post a Comment